-->
Home » , , » cara membaca yang efektif dan mudah faham

cara membaca yang efektif dan mudah faham

Posted by Unknown
BLOG ANAK TEMANGGUNG, Updated at: 3/15/2015

Posted by Unknown on Sunday 15 March 2015

selamat datang kawan di blog sederhana ini, maaf newbie mungkin masih acak-acakan, harap dimaklumi,, hehe ,, kali ini probo akan membagikan artikel tentang membaca. disini siapa hayo yang tidak suka membaca ?

pengertian membaca

membaca merupakan sumber ilmu, membaca merupakan sumber pengetahuan, membaca merupakan jendela dunia :) . bahkan membaca (iqra') merupakan perintah pertama di dalam wahyu alqur'an. tahukah kalian membaca itu apa? Membaca berasal dari kata dasar baca yang artinya ialah  memahami arti dari sebuah tulisan. Membaca merupakan suatu proses yang sangat penting untuk mendapatkan ilmu maupun mendapatkan pengetahuan. Tanpa kita bisa membaca, seseorang bisa dikatakan tidak bisa hidup di zaman modern seperti sekarang ini. karena, hidup seseorang sangat bergantung pada ilmu dan juga pengetahuan yang dia punya. Dan agar kita  mendapatkan ilmu pengetahuan itu, salah satunya adalah dengan cara kita membaca.

Di zaman modern seperti sekarang ini, nampaknya sebagian besar pelajar terutama di negara kita kurang memiliki minat untuk membaca, terutama untuk membaca buku pelajaran. Ini disebabkan karena sebagian pelajar pada umumnya tidak memiliki metode maupun trik didalam membaca. sehingga pada saat ia membaca maka akan timbul rasa bosan, malas dan akhirnya mengatuk. Simak deh cara-cara berikut ini agar tercipta suasana membaca yang menyenangkan buat kita.

Persiapan Sebelum Membaca

 

pilihlah waktu yang tepat

ni bukan lirik dari lagunya fatin yah,, maksudnya pilihlah waktu yang menurut kita sesuai untuk kita membaca. Waktu yang tepat disini merupakan waktu dimana kita tidak mendapatkan gangguan dalam membaca, baik dari luar maupun dari dalam diri kita sendiri. Waktu yang tepat disini hanya kita sendiri yang tahu kapan. Namun, sebagain besar orang percaya bahwa waktu yang baik untuk membaca, khususnya buku pelajaran, merupakan di pagi hari. baca selengkapnya manfaat membaca di pagi hari

ciptakan suasana yang nyaman

Pilihlah suasana dan tempat yang sesuai untuk membaca, yaitu tempat yang sejuk, bersih, nyaman, rapih tenang dan juga terang menurut kita sendiri.

 

 posisi membaca yang benar

Pastikanlah bahwa posisi membaca kita merupakan posisi yang benar. Posisi yang benar pada saat kita membaca ialah dengan duduk posisi badan tegak, tidak bungkuk, dan juga  pastikan jarak antara buku dengan mata kita kurang lebih 30 senti.

 

siapkan alat untuk mencatat

Siapkan juga alat alat yang digunakan untuk mencatat hal-hal penting dari sebuah bacaan. biasanya ini membantu kita dalam mengingat baca, seperti pensil atau spidol.

 

berdoalah sebelum membaca

berdoa adalah hal yang wajib kita lakukan sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada tuhan. alangkah baiknya sebelum kita belajar berdoa terlebih dahulu sesuai dengan kepercayaan masing-masing agar ilmu yang kita dapat bisa bermanfaat di suatu hari.


mungkin disini banyak yang tidak suka membaca, kebanyakan orang malas membaca alasannya adalah malas atau mengantuk. agar kita suka membaca , ternyata ada lho caranya,, berikut

Cara Membaca yang Menyenangkan:


buatlah kegiatan membaca sebagai hiburan

 Membaca seolah-olah sebagai hiburan kita tanpa perlu memeras otak terlalu keras. Bacaan menghibur yang admin maksud disini contohnya adalah komik, cerpen, majalah ringan, novel dll.
buatlah kegiatan membaca sebagai tujuan memeperoleh ilmu pengetahuan
Membaca untuk memperoleh ilmu pengetahuan yang tujuannya merupakan mencari dan juga memahami ilmu yang terkandung didalam bacaan tersebut.

 Membaca kritis.

 Membaca disini sama dengan membaca dengan tujuan mencari ilmu. tetapi membaca disini diikuti oleh proses memahami isi bacaan tersebut, contohnya dengan pertanyaan-pertanyaan mengapa itu bisa terjadi?, siapakah dia? oleh siapa?, kapan?, dimana? dan bagaimana itu bisa terjadi? didalam kita membaca kritis, kita membuat bacaan seolah-olah sebagai lawan kita yang harus dikalahkan oleh kita dengan cara kita mengetahui dan memahami seluruh isinya. Belajar dengan memakai metode membaca kritis ini akan menjadi menyenangkan dan juga tidak membosankan. Kita tidak hanya diminta untuk memahami isi bacaan namun juga diajak untuk berfikir kreatif mengenai isi tersebut. Tertarik dengan membaca kritis? baca selegkapnya mengenai cara-cara membaca kritis

demikianlah artikel tentang bagaimana trik cara membaca yang efektif dan mudah faham ini, semoga dengan artikel ini kita semua bisa meningkatkan minat baca kita dan juga menambah pengetahuan kita melalui membaca.

Share This Post :

1 komentar:

 
Copyright © 2015 BLOG ANAK TEMANGGUNG. All Rights Reserved
Template Johny Wuss Responsive by Creating Website and CB Design