-->
Home » , , » tanda-tanda kehamilan

tanda-tanda kehamilan

Posted by Unknown
BLOG ANAK TEMANGGUNG, Updated at: 4/12/2015

Posted by Unknown on Sunday 12 April 2015

ibu hamil

BLOG TEMANGGUNG - selamat berjumpa lagi , pada postingan sebelumnya admin telah membagikan artikel mengenai kebiasaan buruk yang bermanfaat bagi kesehatan..dan pada kesempatan ini admin akan membagikan artikel mengenai tanda-tanda kehamilan. ciri-ciri kehamilan merupakan saat yang paling ditunggu-tunggu oleh seorang perempuan yang menginginkan dirinya memiliki seseorang buah hati dambaan keluarganya (family hoping). Dengan terjadinya kehamilan, menkitakan bahwa pasangan suami istri memiliki tingkat kesuburan yang baik dan hal ini juga menkitakan bahwa mereka tidak memiliki masalah kesehatan yang berarti ( tidak mandul dll).
 
Dengan datangnya tanda kehamilan, hadirnya buah hati di dalam keluarga mereka tinggalah menunggu waktu. Keluarga akan terasa semakin lengkap dengan kehadiran seorang buah hati yang mereka tunggu.
 
tetapi ada kalanya, pasangan suami istri terlebih pada pasangan muda yang baru saja menikah belum mengetahui secara betul mengenai tanda kehamilan ini. kebanyakan orang  terkadang masih sering bingung membedakan antara ciri-ciri hamil (pregnancy symptoms) sebenarnya dengan tanda akan datang menstruasi, karena banyak kasus terjadi bahwa gejala kehamilan biasanya mirip dengan tanda akan datangnya datang bulan. Ketidaktahuan tentang hal ini juga dapat menyebabkan beberapa kasus terjadinya keguguran (miscarriage).
 
Hal ini disebabkan oleh masih dilakukannya suatu aktivitas atau konsumsi makanan yang seharusnya tidak boleh dikonsumsi selama masa kehamilan, padahal sebenarnya mereka sudah mengalami kehamilan. Dengan kurangnya pengetahuan akan ciri kehamilan ini juga mengakibatkan persiapan yang matang menyongsong kehamilan menjadi terabaikan. Sebaliknya, banyak kasus para keluarga stress karena tanda yang sudah dianggapnya sebagai sebuah tkita kehamilan, ternyata sesudah dilakukan beberapa kali test ternyata hasilnya menunjukkan tidak hamil (negatif). Bayangan mempunyai buah hati dan dambaan kehamilan yang mereka tunggu akhirnyapun menjadi sirna.
 
Banyak para perempuan menilai bahwa tanda kehamilan hanya melihat dari satu sisi saja, yaitu terlambat datangnya menstruasi. Memang benar, salah satu ciri-ciri orang yang hamil ini ialah terlambatnya menstruasi atau datang bulan. tetapi, terlambat datang bulan ini juga bukan hanya disebabkan oleh kehamilan saja, banyak hal yang mempengaruhinya, diantaranya karena stress, pola makan, adanya gangguan hormonal, kecapekan dan sebagainya. Nah, untuk lebih memastikan lagi, selain terlambatnya menstruasi, cermati pula ciri-ciri orang hamil , yaitu: 

Terjadi Perubahan Pada Payudara

Jika terjadi kehamilan, maka payudara akan membesar ukurannya, hal ini dikarenakan oleh meningkatnya produksi hormon esterogen dan juga progesteron. Selain itu juga, kondisi payudara akan terasa semakin lembut, hal ini akan menimbulkan rasa sensitif yang lebih besar, sehingga payudara akan terasa sakit atau nyeri ketika dipegang. Puting susu akan membesar pula dan warnanya juga akan semakin gelap, terkadang juga akan terasa gatal. Pembuluh vena yang terdapat pada payudara perempuan yang haimi; juga akan terlihat akibat penegangan payudara.
Selain diatas, terjadi pula aktivitas hormon HPL (Human Placental Lactogen). Hormon ini diproduksi oleh tubuh ketika ibu mengalami kehamilan untuk mempersiapkan ASI bagi bayi kita ketika buah hati kita terlahir ke dunia.

Munculnya semacam bercak darah atau flek yang diikuti dengan kram perut

Bercak darah ini timbul sebelum menstruasi yang akan datang, biasanya terjadi antara 8 sampai 10 hari setelah terjadinya peristiwa ovulasi. Bercak darah ini terjadi oleh implantasi (implantation bleeding) atau menempelnya embrio pada dinding rahim. timbulnya bercak darah pada ketika kehamilan terkadang masih disalahartikan sebagai menstruasi.
Selain itu, munculnyanya bercak darah biasanya diikuti oleh keram perut. Keram perut pada kondisi seseorang sedang hamil# akan terjadi secara teratur. Dan kondisi keram perut ini, akan terus berlanjut sampai kehamilan usia trimester kedua, sampai letak uterus posisinya berada ditengah dan disangga oleh panggul.

Mual dan muntah (Morning sicknes)

Sekitar 50% perempuan yang mengalami kehamilan akan memiliki tanda ini. Pemicunya ialah peningkatan hormon secara tiba-tiba dalam aliran darah. Hormon tersebut ialah Human chorionic Gonadotrophin atau HCG. Selain di dalam darah, peningkatan hormon HCG ini juga terjadi pada saluran urin. Makanya, alat test pack kehamilan dilakukan melalui media urin, hal ini dilakukan untuk mengukur terjadinya peningkatan kadar hormon HCG tersebut. Peningkatan hormon ini akan menyebabkankan efek perih pada lapisan perut dan mengakibatkan rasa mual. Rasa mual ini biasanya akan menghilang memasuki kehamilan berusia trimester kedua. Jika, rasa mual dan muntah masih terjadi pada usia kehamilan trimester kedua, sebaiknya periksakan dan konsultasikan mengenai hal ini ke dokter kita, karena akan mengganggu kehamilan kita.
Mual dan muntah ini biasa disebut dengan istilah morning sickness karena biasanya terjadi pada waktu pagi hari. Namun kenyataannya, mual dan muntah dapat terjadi pada siang dan malam hari juga. Bahkan peristiwa morning sickness ini terjadi hanya ketika seseorang yang hamil mencium aroma atau wewangian tertentu.

Sering kencing/buang air kecil (Frequent Urination)

Setelah haid terlambat antara satu hingga dua minggu, keinginan untuk kencing menjadi lebih sering dari kebiasaannya. Ini dikarenakan janin yang berada di rahim menekan kandung kemih dan juga karena akibat adanya peningkatan sirkulasi darah. Selain itu juga, kandung kemih akan lebih cepat dipenuhi oleh urine dan keinginan untuk kencing menjadi lebih sering. Peningkatan kencing ini juga disebabkan oleh peningkatan hormon kehamilan. meskipun buang air kecil ini menjadi sering, jangan sampai kalian membatasinya atau menahannya. Selain itu, hindarkan dehidrasi dengan lebih meningkatkan asupan cairan ke dalam tubuh. sering seringlah meminum air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. namun dalam baca juga bahaya minum sambil berdiri.

Pusing dan sakit kepala (Headaches)

Gangguan pusing dan sakit kepala yang sering dirasakan oleh ibu hamil diakibatkan oleh faktor fisik;lapar , mual, rasa lapar dan juga tekanan darah rendah. Sedangkan penyebab emosional atau sering marah-marah yaitu adanya perasaan depresi dan tegang. Selain itu, peningkatan pasokan darah ke seluruh tubuh juga bisa menyebabkan pusing ketika ibu hamil  berubah posisi.
Rasa lelah dan mengantuk yang berlebih (Fatigue)
Rasa lelah dan juga mengantuk yang berlebih pada seseorang yang sedang  hamil selain disebabkan oleh perubahan hormonal, juga akibat kinerja dari beberapa organ vital seperti jantung, paru-paru dan ginjal, semakin bertambah. Organ-organ vital ini tak hanya bekerja untuk mencukupi kebutuhan ibu hamil saja, namun juga untuk pertumbuhan dan juga  perkembangan calon buah hati. Perut ibu hamil yang semakin membesar seiring dengan bertambahnya usia kehamilan juga memberikan beban tersendiri bagi tubuh ibu.

Sembelit

Sembelit pada ibu hamil terjadi karena peningkatan hormon progesterone. Hormon ini selain mengendurkan otot-otot rahim, juga berdampak pada mengendurnya otot dinding usus sehingga dapat menyebabkan sembelit atau susah buang air besar. Namun keuntungan dari keadaan ini ialah memungkinkan penyerapan nutrisi yang lebih baik ketika seseorang hamil.

Sering meludah (hipersalivasi)

ciri kehamilan ini terjadi akibat pengaruh perubahan hormon estrogen, kebanyakan terjadi pada kehamilan trimester pertama. Keadaan ini biasanya menghilang setelah kehamilan memasuki trimester kedua

Naiknya temperatur basal tubuh

Jika terjadi kehamilan atau ovulasi, maka suhu basal tubuh ibu akan meningkat. Kondisi ini akan bertahan selama terjadinya kehamilan. Kondisi ini tidak akan turun ke kondisi sebelum terjadinya ovulasi.

tanda-tanda kehamilan (pregnancy symptoms) di atas sifatnya pribadi, tidak seluruh perempuan hamil yang pada awal kehamilan mutlak memiliki tanda di atas, artinya, berlakunya tanda kehamilan di atas ada yang memang semua mengalaminya, bervariasi, namun ada juga yang tidak memiliki keluhan apapun. Untuk lebih memastikan, tentulah harus dilakukan test kehamilan (pregnancy test ), baik yang dilakukan di rumah dengan menggunakan test pack atau dilakukan di laboratorium yang melakukan tes terhadap darah kita. semoga artikel ini bermanfaat.


penelusuran terkait:
tanda seorang itu hamil
ciri-ciri seseorang hamil muda
ciri hamil muda
ciri orang baru hamil
terlambat datang bulan karena hamil
tanda-tanda seseorang hamil muda
tanda-tanda hamil muda
tanda-tanda orang baru hamil

Share This Post :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2015 BLOG ANAK TEMANGGUNG. All Rights Reserved
Template Johny Wuss Responsive by Creating Website and CB Design